Jumat, 22 Maret 2013


PENYEBAB AYAM JANTAN BERKOKOK DIPAGI HARI 
Setiap orang tentu pernah mendengar suara ayam jantan berkokok di pagi hari bukan? Namun, tahukah anda apa yang menyebabkan ayam jantan selalu berkokok ketika hari telah pagi?

Seperti dilansir Discovery News, penelitian terbaru mengungkap bahwa ayam secara genetis diprogram untuk berkokok saat fajar menjelang. Penelitian untuk mencari jawaban mengenai hal ini dilakukan Takashi Yoshimura bersama rekannya dari Universitas Nagoya. Mereka mencoba meletakkan ayam jantan sepanjang waktu dengan pencahayaan lampu redup. Dari penelitian terungkap, tidak peduli apa yang terjadi, kenyataannya mereka tetap berkokok tepat saat fajar menjelang. Para peneliti kemudian menyimpulkan hal ini merupakan bukti bahwa vokalisasi masuk ke dalam salah satu yang disebut dengan ritme sirkardian.

Ritme sirkardian merupakan siklus 24 jam dalam proses fisiologis makhluk hidup, termasuk tumbuhan, hewan, jamur, dan sianobakteria. Ritme ini penting untuk menentukan pola tidur serta pola makan hewan dan manusia. Kebanyakan tumbuhan juga manusia memiliki mekanisme internalisasi waktu tersebut. Hal inilah yang menyebabkan kita cenderung melakukan aktivitas seperti makan, tidur, atau kegiatan lain di waktu yang seragam. Konsekuensinya, kita pun jadi sadar akan jadwal, tubuh kita memiliki kesempatan untuk beradaptasi dengan hal tersebut

"Kami tertarik bahwa mekanisme ini dikontrol secara genetik dan percaya bahwa ayam telah menyuguhkan contoh yang sangat bagus," kata Yoshimura. Hasil temuan Yoshimura dan rekannya ini dipublikasikan dalam jurnal Current Biology. (KF-EDU/CE/Vey/Discovery News)
From: http://www.facebook.com/Koran.Fesbuk?ref=stream

Tidak ada komentar:

Posting Komentar